img
Agenda Kegiatan
Twitter

Wujudkan Tata Kelola Pemerintahan Desa Yang Mandiri dan Maju

BPD dan Pemerintah Desa Sekodi Taja Musyawarah Desa Bahas Rancangan PERDES

Dibaca: 583 kali  Senin,31 Oktober 2016 | 01:57:am WIB
BPD dan Pemerintah Desa Sekodi Taja Musyawarah Desa Bahas Rancangan PERDES Pj Kepala Desa Sekodi Bersama Ketua BPD dan Pendamping Lokal Desa Sekodi

Sekodinews||. Sebagai bentuk komitmen dan keseriusan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Sekodi dalam mewujudkan tata pemerintahan desa yang baik dan mandiri, BPD Desa Sekodi Kecamatan Bengkalis Kabupaten Bengkalis menggelar Musyawarah Desa Pembahasan Rancangan Peraturan Desa Sekodi pada hari Kamis (27/10/16). acara yang dipusatkan di Aula Utama Kantor Desa Sekodi ini dihadiri oleh Penjabat Sementara Kepala Desa Sekodi, Khaidir, Ketua BPD Mansyur, Pendamping Lokal Desa (PLD) Ruliono, dan dihadiri oleh Puluhan Masyarakat Desa Sekodi yang berasal dari Lembaga Desa, Dusun, RT, RW, Tokoh Masyarakat, Pengurus PKK, Kelompok Tani, Kelompok Nelayan dan Masyarakat awam lainnya.

Acara dibuka langsung oleh Ketua BPD, Dalam sambutannya Ketua BPD menyampaikan bahwa BPD Desa Sekodi pada tahun 2016 ini merencanakan Dua Belas Rancangan Peraturan Desa yang akan disahkan menjadi Peraturan Desa, yaitu Delapan Peraturan Desa Usulan BPD dan Empat Peraturan Desa Usulan Pemerintah Desa. Mansyur menjelaskan, bahwa dari Delapan Ranperdes yang dimaksud tersebut adalah, Ranperdes tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD), Ranperdes Tentang Kewilayahan, Ranperdes Tentang Nelayan, Ranperdes Tentang Asset Desa, Ranperdes Tentang Pendapatan Asli Desa, Ranperdes Tentang Asset Desa, Ranperdes Tentang Ketertiban Desa, dan Ranperdes tentang Perangkat Desa. seluruh Ranperdes ini ditargetkan akhir bulan November akan selesai dibahas dan ditetapkan bersama Pemerintah Desa.

Sementara itu Pj Kepala Desa Sekodi, Khaidir dalam kata sambutannya menyambut baik inisiatif BPD Desa Sekodi yang melaksanakan Musyawarah pembahasan Ranperdes pada hari ini, Khaidir menjelaskan bahwa Peraturan Desa ini adalah milik masyarakat Desa, maka sudah sepantasnyalah pembahasannya melibatkan masyarakat luas seperti ini. masih menurut Anggota Satpol PP Kecamatan Bengkalis ini bahwa pada tahun ini Pemerintah Desa Sekodi hanya mengusulkan Empat Perdes wajib, yaitu Perdes Laporan Pertanggungjawaban Kepala Desa, Perdes Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDesa) tahun 2016, Perdes RKPDesa tahun 2017, Perdes Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa). sementara Perdes yang lain kami menyerahkan seluruhnya menjadi hak inisiatifnya BPD.

Selanjutnya, Pendamping Lokal Desa (PLD), Ruliono dalam kesempatan yang sama menjelaskan bahwa dengan disahkannya UU nomor 6 tahun 2014 tentang Desa, maka menjadi sejarah baru bagi Masyarakat dan Pemerintah Desa untuk membuka lembaran baru dan semangat baru membangun Desa Secara Mandiri, pemuda yang akrab disapa mas Ruly memberikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada BPD, Pemerintah Desa dan Seluruh Masyarakat Desa Sekodi yang secara berantusias ikut memikirkan dan membahas masalah kemandirian Desa Sekodi Kedepan, terutama terkait Regulasi tingkat Desa. Ranperdes yang dibahas hari ini hendknya memang benar-benar nantinya menjadi acuan dan aturan hukum yang mengikat, dan bukan hanya sekedar perlengkapan kebutuhan administari di Desa, harapnya sembari terus memberikan pemahaman kepada Masyarakat.

Musyawarah berjalan sangat seru dan alot, dimana masyarakat banyak yang memberikan pertanyaan dan masukan terkait Ranperdes Ketertiban umum, dan yang hebatnya bahwa ternyata masyarakat Desa Sekodi dimasing-masing Dusun telah melakukan musyawarah Dusun dan Telah tertuang hasilnya didalam Peraturan Dusun. *Jurnalis Warga

 

Tulis Komentar
Berita Terkait